Plt Bupati Muara Enim Pimpin Launching Gerakan BESAME

Muara Enim - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim Juarsah meluncurkan Gerakan Bersama Sanitasi Aman untuk Muara Enim (BESAME) di sela Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Muara Enim 2020 dan Penyusunan RKPD 2021 di Ballroom Grand Zuri Muara Enim, Selasa (17/3).

Dalam sambutannya, Plt Bupati Juarsah menyambut baik adanya peluncuran BESAME karena sejalan dengan gerakan nasional dalam pembangunan universal, yakni 100 persen akses aman air minum, 0 persen kawasan bebas kumuh dan 100 persen akses sanitasi layak.

Terlebih, tambah Juarsah, akses sanitasi di Kabupaten Muara Enim tahun 2018 telah mencapai 90,75 persen, kemudian beberapa penghargaan bidang sanitasi air minum telah diraih yaitu Juara 1 AMPL Award tingkat nasional 2019 dan Juara 2 AMPL Award Sriwijaya tingkat Provinsi Sumatera Selatan 2019.

Juarsah mengatakan, Gerakan BESAME ini sangat penting dan strategis guna mencapai tujuan pembangunan nasional dan daerah, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Alhamdulillah sasaran pada tahun 2018 persentase rumah tangga menggunakan air minum layak sudah mencapai 77 persen dan rumah tangga bersanitasi mencapai 94 persen.

"Untuk itu, capaian kinerja yang telah kita capai saat ini kiranya dapat dipertahankan dan ditingkatkan melalui Musrenbang yang aspiratif dan partisipatif," imbau Juarsah.