Diskominfo Banjar Integrasikan Setiap Layanan SKPD Melalui Command Center Barokah

Martapura - Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian mempresentasikan keunggulan Command Center Barokah kepada Bupati Khalilrurrahman dan Sekertaris Daerah M. Hilman, Senin (16/3).

Dalam presentasi dari bagian E-Government Dinas Kominfo Kabupaten Banjar, Command Center Barokah memiliki keunggulan berupa portal layanan publik, aplikasi CCTV, tracking kendaraan operasional, satu data, dan rekomendasi BTS

Dalam sambutannya usai presentasi dari Diskominfo, Bupati Khalilrurrahman berharap dengan berjalannya aplikasi tersebut Pemkab Banjar dapat memantau kegiatan dari setiap pelayanan dan ruang publik setempat.

"Semoga dengan pengembangan aplikasi dan portal layanan ini dapat mempermudah informasi yang cepat dan terintegrasi dalam memantau perkembangan Kabupaten Banjar yang dapat diakses oleh masyarakat, seperti CCTV, layanan RSUD Ratu Zalecha, dan lain sebagainya," ujar bupati.

Guru Khalil, sapaan akrab Bupati Banjar Khalilurrahman juga meminta agar setiap SKPD bisa berkoordinasi dengan Diskominfo untuk mengintegrasikan setiap layanan agar dapat terpantau melalui Command Center Barokah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Banjar M. Aidil Basith mengatakan, pihaknya berusaha semaksimal mungkin menyusun sebuah portal layanan publik yang terdiri dari layanan umum dan kepegawaian.

"Portal ini adalah satu pintu masuk dari semua aplikasi dan bertujuan untuk mengamankan aplikasi-aplikasi yang ada, karena di portal ini Diskominfo sudah memproteksi dengan keamanan informasi," ujarnya.

Selain itu, tambah Aidil, Dinas Kominfo Kabupaten Banjar juga mengembangkan layanan umum di antaranya CCTV untuk memantau wilayah setempat, dimana pada tahun ini ditambah 10 unit, dan untuk kedepan seperti perhelatan acara Haul Abah Guru Sekumpul akan lebih banyak lagi yang akan dimonitor.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government dari Dinas Kominfo Kabupaten Banjar Cornelius Kristianto menjelasakan, aplikasi tracking juga menjadi perhatian, karena bisa memantau kendaraan operasional Pemerintah Kabupaten Banjar.

Cornelius menambahkan, turut dikembangkan juga aplikasi dalam rangka mendukung satu data Kabupaten Banjar, aplikasi tersebut online dan real time serta petugas yang menggunakan akan dibekali dengan smartphone ataupun dengan laptop agar bisa mengoperasikan di mana pun berada.

"Pak Bupati bisa langsung mengamati Command Center Barokah ini, setiap perubahan data akan ter-update saat itu juga dan diharapkan seluruh SKPD akan mendukung," tambahnya.