Bupati Banjar Serahkan Piagam Penghargaan Program Bangga Kencana dan Pendataan Keluarga 2021

Martapura - Pemerintah Kabupaten Banjar kembali menggelar rapat koordinasi mingguan di Aula Dinas Lingkungan Hidup, Senin (21/6).

Bupati Banjar Saidi Mansyur hadir beserta Wakil Bupati Said Idrus Al-Habsyie, Sekretaris Daerah Hilman, para asisten Setda Banjar dan kepala SKPD.

Pada Rapat ini dilaksanakan penyerahan Piagam Penghargaan Program Bangga Kencana dan Penghargaan Pendataan Keluarga Tahun 2021 oleh Bupati Banjar.

Sekda Banjar M. Hilman mengatakan penghargaan ini merupakan pacuan bagi daerah lain di Kabupaten Banjar untuk mencapai standar yang sama dengan mencontoh wilayah yang mendapat penghargaan.

"Kami mengapresiasi seperti yang disampaikan Bupati Banjar, penghargaan tersebut mudah-mudahan menjadi perhatian bagi daerah lainnya dengan mencontoh apa yang sudah dilakukan dan juga memperbaiki apabila ada kekurangan-kekurangan sehingga secara keseluruhan (Program Bangga Kencana dan Pendataan Keluarga) bisa diwujudkan dengan baik di wilayah Kabupaten Banjar, makanya dari pelaksanaannya diberikan penghargaan oleh bupati Banjar langsung," ungkapnya.

"Rapat Koordinasi hari ini ada hal-hal penting yang disampaikan Bupati Banjar berdasarkan arahan dan instruksi yang sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Banjar menuju Maju, Mandiri dan Agamis, ada dua hal tadi yang menjadi catatan bisa ditindaklanjuti dan di-launching pada Hari Jadi Kabupaten Banjar bulan Agustus ini, yaitu terkait dengan pemberian bantuan kepada perusahaan kecil dan mikro sebagai badan usaha dan juga penyiapan lapangan kerja, penyiapan tenaga kerja untuk siap masuk ke dunia lapangan kerja dengan bekal kompetensi dan sumber daya," lanjutnya.

Yang kedua, jelas sekda, terkait dengan pemberlakuan Online Single Submission (OSS) berbasis risiko yang insya Allah akan di-launching Presiden Joko Widodo pada Juli 2021.

"Untuk hal itu ada kesiapan-kesiapan bagaimana kegiatan pemanfaatan ruang, perizinan lingkungan, perizinan bangunan gedung, sebagai bagian persyaratan untuk izin usaha di daerah melalui aplikasi OSS berbasis risiko oleh SKPD terkait," ujarnya.

Piagam penghargaan diberikan kepada Kecamatan Martapura Timur sebagai Terbaik I Program Bangga Kencana dan Terbaik III Pendataan Keluarga atas nama Hj. Jamilah, Kecamatan Aluh-Aluh sebagai Terbaik II Program Bangga Kencana dan Terbaik I Pendataan Keluarga atas nama Misbahul Munir, Kecamatan Tatah Makmur sebagai Terbaik II Pendataan Keluarga atas nama Rahmada Devi, dan Kecamatan Karang Intan sebagai Terbaik III Program Bangga Kencana atas nama Abdul Sahid.