Gerakan Membacakan, Puluhan Anak Datangi Kantor Bupati Kubu Raya

Kubu Raya - Sebanyak 90 siswa SD Negeri 09 Sungai Raya mendatangi Kantor Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat, Jumat (13/3), untuk mengikuti kegiatan literasi Gerakan Membacakan.

Dengan didampingi sejumlah guru, para siswa tampil percaya diri membacakan sejumlah bahan bacaan di ruang-ruang kantor yang ada.

Bertindak sebagai pendengarnya adalah para pegawai di sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), termasuk Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan. Para pegawai termasuk Bupati Muda dengan cermat menyimak hingga tuntas materi bacaan yang disampaikan para siswa.

Bupati Muda menerangkan, gerakan membacakan adalah inovasi literasi pertama di Indonesia yang digagasnya, tujuannya untuk menumbuhkan minat baca sekaligus membangun rasa percaya diri anak, selain itu juga mengembangkan dasar relasi hubungan sosial melalui peningkatan kemampuan berkomunikasi pada anak.

"Ini luar biasa. Terima kasih atas kunjungannya ke kantor bupati. Silakan langsung ke ruangan-ruangan yang ada untuk membacakan. Biar semuanya dikepung dengan buku dan ilmu," kata Muda kepada para siswa.

Menurut Muda, imajinasi positif anak terhadap kantor bupati dan institusi pemerintahan lainnya perlu dibangun, sehingga anak sebagai bagian daripada masyarakat punya kedekatan dengan aparatur negara yang notabene adalah abdi masyarakat.

"Jadi bisa lebih familiar dan merasa (kantor bupati) ini rumahnya juga, dengan cara ini kita buat anak-anak kita punya lompatan lebih jauh ke depannya, insya Allah. Karena mereka adalah generasi penerus pada pada 20-30 tahun lagi," tuturnya.

Muda menyatakan seluruh Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Kubu Raya siap menyukseskan gerakan membacakan, karena itu dimeminta para siswa untuk tidak ragu mendatangi kantor-kantor lainnya di pekan-pekan berikutnya.

"Silakan nanti juga ke kantor-kantor lainnya. Semua sudah siap untuk menerima. Boleh cerita apa saja termasuk materi pelajaran, kan ini juga cara berbagi ilmu, kalau sebelumnya membaca dalam hati, kali ini dengan bersuara, supaya anak-anak juga bisa berkenalan dengan banyak orang," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Negeri 09 Sungai Raya Sri Priyantinah Listiyanti mengapresiasi pelaksanaan kegiatan membacakan di Kantor Bupati Kubu Raya.

Menurutnya, sambutan antusias Bupati Muda Mahendrawan dan para pegawai merupakan momen luar biasa bagi para siswa.

"Ini momen langka yang mungkin tidak semua sekolah punya kesempatan seperti ini," ujarnya.