Pemkab Muara Enim Siapkan Anggaran Penerimaan Bintara 2021 Melalui Danah Hibah

Muara Enim - Pj Bupati Muara Enim Nasrun Umar didampingi Kapolres Muara Enim AKBP Danny Sianipar meresmikan program penerimaan Bintara Polri di Polda Sumatera Selatan yang dibiayai dari dana hibah Pemkab Muara Enim tahun 2021 yang tertuang dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Terpisah secara virtual, Senin (7/6), Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri turut menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) sekaligus menyepakati NPHD yang tertuang bahwa Pemkab Muara Enim menyiapkan dukungan anggaran untuk 17 orang putra/putri calon peserta pendidikan asal Kabupaten Muara Enim hasil rekrutmen penerimaan anggota Polri di Polda Sumsel dari jenjang Bintara.

Pada kesempatan ini, Pj Bupati Nasrun Umar mengatakan bahwa besaran anggaran akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah dan ketersediaan peserta seleksi. Nantinya nota kesepahaman ini akan menjadi dasar penyerahan hibah yang disepakati melalui Naskah Perjanjian Hibah Daerah atau NPHD.

"Setelah selesai pendidikan peserta pendidikan diharapkan dapat kembali mengabdikan diri dan berkarya di Kabupaten Muara Enim," harap Nasrun Umar.

Sementara itu, Kapolda Sumsel menyampaikan apresiasinya kepada Pemkab Muara Enim yang telah memberikan kontribusi bagi kemajuan Polri. Kapolda memastikan bahwa proses penerimaan anggota Bintara Polri berlandaskan azas BETAH yaitu Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis, ditambah clean and clear sejak pendaftaran, tahapan tes, hingga pelaksanaan pendidikan.

"Sehingga cita-cita Polri yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi dan Berkeadilan) dapat terwujud," harap kapolda.

Turut mendampingi, Kepala Badan Kesbangpol Muara Enim Andi Wijaya, Kepala Bagian (Kabag) Kerjasama Pemkab Muara Enim Husin Aswadi, dan Kabag Hukum Pemkab Muara Enim Ratna Puri Prapawati.